Beranda > Geologi > Nama dan Jenis Tanah

Nama dan Jenis Tanah

tanah

12 Jenis tanah di dunia.

Tanah dalam ilmu Geologi memiliki pengertian hasil dari pelapukan batuan, jadi setiap batuan pasti menghasilkan jenis tanah yang berbeda, tergantung dari mineral penyusun batuan itu.

:D geologi ko ngomongin tanah..??

:) ini alasanya..

dalam proses pemetaan geologi untuk melihat perubahan batuan bisa kita lihat dari perubahan warna tanahnya, walaupun kita tidak dapat memetakan tanah di dalam peta geologi, tapi paling tidak kita bisa melihat indikasi bahwa ada perubahan litologi, dan dapat mencari singkapanya dari hasil lapukan tersebut. AdapunĀ ilmu geologi yang mempelajari tanah disebut geopedologi, ilmu ini mempelajari tentang pengertian tanah, pedogenesis (pembentukan tanah), dan sifat tanah yang lainya.

saat ini saya akan memberikan sedikit pengertian singkat tentang pengertian macam-macam tanah yang ada di indonesia, ada 9 jenis tanah yang akan di bahas disini.

  • EntisolĀ 

Pengertian : Pengertian Entisol adalah tanah-tanah dengan regolit dalam atau bumi tidak dengan horison, kecuali mungkin lapis bajak. Beberapa Entisol, meskipun begitu mempunyai horison plaggen, agrik atau horizon E (albik); beberapa mempunyai batuan beku yang keras dekat permukaan Entisol dicirikan oleh bahan mineral tanah yang belum membentuk horison pedogenik yang nyata. Mereka dicirikan oleh kenampakan yang kurang muda dan tanpa horison genetik alamiah, atau juga mereka hanya mempunyai horison-horison permulaan

  • Inceptisol

Pengertian : Inceptisol adalah tanah yang belum matang (immature) yang perkembangan profil yang lebih lemah dibanding dengan tanah matang dan masih banyak menyerupai sifat bahan induknya (Hardjowigeno,1993). tanah yang dapat memiliki epipedon okhrik dan horison albik seperti yang dimiliki tanah entisol juga yang menpunyai beberapa sifat penciri lain ( misalnya horison kambik) tetapi belum memenuhi syarat bagi ordo tanah yang lain.

  • Alfisol

Pengertian : Tanah Alfisol adalah tanah yang berkembang di daerah hutan humid, di mana perpindahan lempung menghasilkan horizon Bt, yang mengandung 20% atau lebih daripada horizon A, dan tanahnya cukup mengalami pencucian dalam pelapukan. Akumulasi liat dalam horizon organic b (Bt) dapat menyebabkan kapasitas tukar kation horizon B maksimum pada sejumlah tanah. Reaksi tanah bervariasi antara masam hingga netral (Foth, 1998). Alfisol dicirikan oleh horizon elluviasi dan illuviasi yang jelas.

  • Ultisol

Pengertian : Ultisol, umum dikenal sebagai tanah liat merah, adalah salah satu dari dua belas perintah tanah di Amerka Serikat. Departemen Pertanian taksonomi tanah mendefinisikan sebagai tanah mineral yang tidak mengandung bahan gamping yng banyak di dalam tanah, memiliki mineral lapuk kurang dari 10% di lapisan atas tanah yang ekstrim, dan memiliki kejenuhan basa dikurangi 35% di seluruh tanah.

  • Oksisol

Pengertian : Semua tanah dengan horison oxic termasuk ordo Oxisol. Oxisol ada pada permukaan tanah di daerah tropik basah dengan atau berisi sedikit cadangan basa di luar tempat pertukaranya.

  • Histosol

Pengertian : Merupakan tanah yang mengandung bahan organik tinggi dan tidak mengalami permafrost, yang berkembang dimana tanah jenuh terus-menerus. Ciri histosol tergantung pada vegetasi alami yang ditimbun di dalam air dan tingkat perombakan.

  • Mollisol

Pengertian : Mollisols adalah bagian tanah di taksonomi tanah USDA. Mollisols ada di daerah semi-kering untuk wilayah semi-lembab, biasanya di bawah penutup padang rumput. Dengan beberapa daerah padang pasir adalah area bercurah hujan tinggi yang mendukung rumput cenderung menutupi tanah dengan sempurna dan menghasilkan bahan organik.

  • Andisol

Pengertian : Tanah andisol, atau sering disebut tanah andosol adalah tanah yang dianggap paling subur karena berasal dari hasil gunung api.

  • Vertisol

Pengertian : Dalam kedua FAO dan taksonomi tanah Amerika Serikat, Vertisol adalah tanah di mana ada kandungan tinggi dari tanah ekspansif dikenal sebagai montmorilonit yang terbentuk retakan dalam di musim kering atau tahunan

jika ingin lebih lengkap mengenai proses pembentukan dan sifat tanah yang lain dapat mendownload tugas kuliah saya di bawah ini :

Nama dan Jenis Tanah

About these ads
  1. hadi
    November 7, 2013 pukul 1:05 pm

    ya terserah mau ngomongin apa yang penting bermanfaat bro..

    • November 10, 2013 pukul 10:11 pm

      yap bener banget bro.

  2. wif
    April 25, 2014 pukul 1:05 pm

    ya……….. bermanfaat kok

    • April 27, 2014 pukul 9:13 am

      alhamdulillah kalo bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 995 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: