Apa Geologi Itu…???

Posted on Updated on

ini postingan buat semua orang yang belum tau geologi dan semua yang kepengin masuk geologi,,😀

GeologiSeperti aku 3 tahun yang lalu, di masa-masa seperti ini sudah banyak anak-anak SMA yang sedang sibuk belajar buat ujian nasional, dan mungkin ada sedikit yang sudah mikir tentang universitas mana yang mau dituju dan jurusan apa yang sebagai tujuanya, dan tentunya masih banyak yang sedang menggalau karena ujian dan mau masuk jurusan apa, hehe..

sama seperti aku dulu, aku juga awalnya galau mau masuk jurusan apa, karena aku sangat tertarik dengan informatika dan aku juga ingin masuk teknik sipil, namun ternyata Tuhan berkata lain aku justru masuk ke sebuah program studi di jurusan sains dan teknik universitas jendral soedirman, yaitu Teknik Geologi, jauh banget kan aku juga masuk ke geologi sangat tidak sengaja, pasti diantara anak-anak SMA sekarang kata geologi masih asing yang sering denger adalah geografi, sebenernya masih mirip bahkan mungkin yang di bahas sama saja, namun geologi itu lebih kompleks dari geografi,,

sekarang aku akan menjabarkan sedikit tentang apa itu geologi, penjabaran menurut mahasiswa teknik geologi semester 6,,😀

kata dosenku dulu waktu awal masuk kuliah, geologi berasal dari 2 kata dari bahasa yunani, kalian pasti juga sudah sering dengar yaitu geo/gea artinya bumi, dan logi/logos artinya ilmu, jadi kalo di jabarkan secara sederhana geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, ya, memang kita kuliah cuma belajar tentang apa yang ada di atas dan di dalam bumi, mulai dari batu (komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, dan proses pembentukannya), gunung, laut, pantai, sungai, air tanah, fosil, sejarah geologi dan lain sebagainya,.

😀 apa gunanya belajar geologi yang belajarnya batu, gunung, laut, pantai, sungai, air tanah, dan fosil..???

sekarang kita bayangkan,

minyak bumi itu adanya di mana..???

emas itu adanya dimana..??

batubara itu adanya dimana..??

bencana alam itu terjadinya bagaimana dan penyebabnya apa..??

Geologistitulah gunanya kita belajar geologi, dengan belajar batu kita bisa tau batu yang bagaimana yang mengandung sumber daya alam seperti emas, minyak bumi ataupun batubara, dengan belajar geologi kita bisa tau bagaimana bencana alam seperti tsunami, gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi itu terjadi, dan kalo kita belajar geologi kita juga bisa tau bagaimana mencegah agar tanah longsor tidak menelan korban banyak, kita juga bisa tau apa yang harus di lakukan ketika ada bencana gunung meletus, tsunami atau gempa bumi.

baiklah aku akan kembali ke dunia kuliah, kuliah di geologi juga ga kalah enak, kalo kita bisa menikmatinya, selain dosen geologi yang dekat dengan mahasiswanya kita kuliah juga ada yang namanya fiedltrip yaitu praktek di lapangan setelah selesai praktek di laboratorium, dan yang namanya fieldtrip itu sangat menyenangkan, kita bisa jalan-jalan, bisa me-refresh otak biar ga stres karena kuliah terus, namun kalo ada kata enak pasti ada yang ga enaknya, jelas dong, kita kuliah dengan embel-embel teknik resikonya adalah tugas kuliah banyak, tugas praktikum banyak, apalagi kalo udah mau ujian, dan teman-temanku sudah ada yang keluar karena tugas (walaupun semua bukan karena tugas). Dibawah akan aku tunjukan foto-foto ketika aku fieldtrip :

Fieldtrip

Fieldtrip 1 : di daerah karang bolong, cilacap.

Fieldtrip

Fieldtrip 2 : di Bayat Klaten, sedang mencatat di lapangan.

Fieldtrip

Fieldtrip 3 : di Purbalingga, main di sungai,😀

Fieldtrip

Fieldtrip 4 : kadang narsis saat fieldtrip itu perlu.

dan di indonesia banyak perusahan yang bergerak di bidang pertambangan, namun universitas yang mempunya jurusan teknik geologi cuma ada 17 jadi lulusan dari teknik geologi masih sangat dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan tambang.

jadi mungkin ada yang tertarik masuk geologi, silahkan saja,,

36 thoughts on “Apa Geologi Itu…???

    earth-inside said:
    Maret 19, 2012 pukul 10:57 pm

    foto ke empat tuh dimana mas?

    yogi responded:
    Maret 19, 2012 pukul 11:30 pm

    earth-inside :

    foto ke empat tuh dimana mas?

    itu di bayat kelaten, waktu fieldtrip petrologi,,😀

      earth-inside said:
      Maret 21, 2012 pukul 11:37 am

      ohhh ternyata…. di bayat ya…, saya lupa, hehe

      mampir mas

        yogi responded:
        Maret 21, 2012 pukul 12:22 pm

        aku udah mampir, cuma ga komen aja,😀

    stainless steel strap said:
    Maret 21, 2012 pukul 9:23 pm

    Uraian yang sangat bagus…..mantaf bos….maju terus pantang ke belakang (toilet) he he he

    yogi responded:
    Maret 21, 2012 pukul 10:07 pm

    makasih bro,😀

    aditya imansyah said:
    Maret 27, 2012 pukul 9:17 pm

    bagus yog, blognya.pengen bgt buat kegiatan geologi di unsoed di blog saya.kapan2 lah bikin.

      yogi responded:
      Maret 27, 2012 pukul 9:46 pm

      Makasih dit, minta ajarin ahmad, aku juga.😀

    vy31 said:
    Maret 28, 2012 pukul 7:21 am

    selalu di panas-panasan ya, membayangkan pusing.

      yogi responded:
      Maret 28, 2012 pukul 8:45 am

      iya, tapi kan tetep asik jalan-jalan terus.,.😀

    ahmad said:
    April 4, 2012 pukul 3:16 pm

    salam geologi… !

      yogi responded:
      April 4, 2012 pukul 4:55 pm

      Kami hidup dari bumi, untuk bumi sampai mati.

    tiwie said:
    April 28, 2012 pukul 11:21 pm

    bravo geology!

    yogi responded:
    April 28, 2012 pukul 11:50 pm

    tiwie :

    bravo geology!

    yeahh,, salam geologi.😀

    aangeo said:
    Mei 5, 2012 pukul 11:14 am

    “sblum bumi menjadi roti, geologi tak akan mati”

      yogi responded:
      Mei 5, 2012 pukul 11:23 am

      dimana bumi dipijak disitu geologi berguna,😀

    yosua said:
    November 24, 2012 pukul 9:22 pm

    saya ingin masuk geologi, tp susah ga ? ada htung2an ga ? saya bsa berhitung (anak ipa) tp ga cpt2 amat, tp saya bsa. ohiya kk tlg ksi tau gmbran dong klo kuliah geologi tuh kyk gmn. thxx

    yogi responded:
    November 25, 2012 pukul 10:45 pm

    yosua :

    saya ingin masuk geologi, tp susah ga ? ada htung2an ga ? saya bsa berhitung (anak ipa) tp ga cpt2 amat, tp saya bsa. ohiya kk tlg ksi tau gmbran dong klo kuliah geologi tuh kyk gmn. thxx

    pertama saya jawab dulu pertanyaanya, di geologi juga ada hitunganya, tapi masih lebih susah hitungan teknik sipil dan teknik elektro, saya juga dari ipa tapi tidak jago matematika dan tetep bisa kuliah di geologi.
    kalau untuk kuliah geologi sendiri seperti yang sudah dijelaskan di atas, kita mempelajari batuan dan kebumian, jadi selama kuliah kita akan diajari bagaimana mendeskripsi batuan dengan benar, dan belajar tentang bumi dan segala isinya, dan seperti yang dilihat ada fieldtrip atau praktikum lapangan yang dilakukan setelah kita selesai melakukan praktikum di laboratorium. kuliah geologi juga ada yang namanya kuliah lapangan atau KL dimana kita akan belajar pemetaan geologi yaitu memetakan batuan dan struktur geologi.

    yusri said:
    November 24, 2013 pukul 1:16 pm

    mata kuliah yang dipelajari di teknik geologi itu apa saja ya?

      yogi responded:
      Desember 4, 2013 pukul 8:49 am

      mata kuliah yang dipelajari di geologi sangat banyak, mulai dari geologi dasar, sampai petrologi atau tentang batuan, lebih baik searching buku2 geologi agar tau apa saja yang dipelajari

    Aria said:
    Mei 13, 2014 pukul 6:35 am

    unuversitas yang mempunyai Teknik Geologi apa aja ya Kak

      yogi responded:
      Mei 13, 2014 pukul 6:57 am

      Ada 17 universitas, tp saya tidak tau semuanya, yg terkenal ada itb, ugm, undip, unsoed, unhas, akprind, upn veteran.

    Rivven Alfari (@Hendra_RivBlaze) said:
    November 18, 2014 pukul 4:05 pm

    Bang saya masih di sma dan mengambil jurusan ips dan bodoh dalam berhitung kira2 bisa masuk gak ke f. geologi?

      yogi responded:
      November 30, 2014 pukul 1:57 pm

      Saya juga tidak pintar dalam berhitung tapi saya bisa lulus dari geologi, tapi bedanya saya dari jurusan ipa, kalo ips kurang tahu, tapi dicoba aja, karena di dunia kuliah semuanya akan diulang dari awal.

    dwiretno candra said:
    Desember 30, 2014 pukul 2:02 pm

    kak,aku mau nanya,
    sekarang kan aku udah klas 3, ini aku berminat buwat mask di t.geologi,itu nilai raportnya apa harus bagus2 semua?terus tesnya sulit apa enggak… mkasih ^_^

      yogi responded:
      Desember 30, 2014 pukul 6:18 pm

      Ga de, yang penting kamu lulua tes maauk universitasnya aja, klo tes masuk universitasnya ga susah ko.

    Mahmud Abrori said:
    Juli 2, 2015 pukul 6:54 pm

    Baru tahu di Unsoed ada Geologi.
    BTW di Unsoed geologinya udah akreditasi apa?

      yogi responded:
      September 1, 2015 pukul 11:15 am

      iya mas, geologi unsoed sudah sejak dari tahun 2006, dan untuk saat ini akrediatasinya masih C, namun masih diusahakan akan lebih baik lagi ke depanya.

    Muhammad Arif Setyo Aji said:
    November 7, 2015 pukul 7:13 am

    Bang tanya dikit nih.. bener gak anak geologi butuh banyak uang ? [ Buat beli perlengkapan, BIAYA FIELDTRIP😀 , safety, dll ] . Dan umumnya perlengkapannya apa aja sih ?

      yogi responded:
      November 10, 2015 pukul 12:07 pm

      perlengkapan anak geologi cuma perlengkapan lapangan biasa, tas, sepatu, jaket, topi, dan tambah perlengkapan geologi seperti palu, kompas, gps, kalo kamu cuma punya perlengkapan lapangan standar sebenernya ga mahal, karena paling harganya cuma beberapa ratus ribu, tapi kalau km beli alat geologi baru mahal karena harganya jutaan, dan kalau fieldtrip memang ada biaya tapi fieldtrip juga tidak ada setiap minggu bahkan satu semester paling cuma 2-3x fieldtrip, jadi masih bisa irit, asal jangan boros, jadi kalau ada keperluan duitnya ada.

    arifaji 18 said:
    November 7, 2015 pukul 7:17 am

    Bang tanya dikit nih..
    Bener gak sih anak geologi itu butuh banyak uang?

    Secara kan, perlengkapan dasar anak geologi banyak tuh, mesti ada biaya juga kan buat filedtrip ?

    terus perlengkapan dasarnya tuh apa aja biasanya? thanks

    Arif Rahmatullah said:
    Februari 15, 2016 pukul 5:04 pm

    gan, mau nanya nih hehe
    ane skrg masih sekolah kelas 1 sma nih, nantinya rencananya kuliah pgn ngambil jurusan geologi unpad, ngikutin jejak sodara (geologi juga), tpi masalahnya gan, ane tuh matanya minus, kecil sih (kanan 1,75 ; kiri 1,5), kira2 di geologi ada gak yg pake kacamata minus gtu?

    Arif Rahmatullah said:
    Februari 15, 2016 pukul 5:06 pm

    gan, mau nanya nih hehe
    ane skrg masih sekolah kelas 1 sma nih, nantinya rencananya kuliah pgn ngambil jurusan geologi unpad, ngikutin jejak sodara (geologi juga), tpi masalahnya gan, ane tuh matanya minus, kecil sih (kanan 1,75 ; kiri 1,5), kira2 di geologi ada gak yg pake kacamata minus gtu? ditunggu jawabannya gan, hehe, thx sblmnya

      yogi responded:
      Februari 16, 2016 pukul 5:43 am

      kawan saya ada yang memakai kacamata, tapi tetap lulus dari teknik geologi, tenang aja.

    Ano said:
    Juni 29, 2016 pukul 2:04 pm

    Kak,saya Alhamdulillah sudah diterima di Teknik Geologi Unpad,apakah ada tips2 untuk mempersiapkan diri utj menunjang nanti saat kuliah geologi? Dan apa basic yang harus dipelajari?

      yogi responded:
      Juli 13, 2016 pukul 9:52 am

      Tidak ada tips khusus untuk kuliah di geologi, hanya saja siapkan fisik kalau mau fieldtrip ke lapangan .

Tinggalkan Balasan

