Sejarah Hari Bumi

Posted on Updated on

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. dan hari ini tanggal 22 april 2012 sekali lagi kita mempereringati hari bumi, banyak kelompok masyarakat yang ikut memperingatinya dengan berbagai cara, dan terutama mahasiswa geologi yang semangat mengadakan sebuah acara di kampus untuk menyambut hari bumi, biasanya dengan bersih-bersih kampus, atau aksi tanam pohon di berbagai tempat.

namun banyakah dari orang-orang yang memperingati hari bumi tahu kapan pertama hari bumi pertama dilaksanakan, dan siapa pencetusnya..???

Sejarah hari bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati. Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. [sumber]

berikut adalah peringatan hari bumi tahun 2011 yang dilaksanakan oleh mahasiswa teknik geologi Unsoed.

Hari Bumi

poster hari bumi 2011

Hari Bumi

setelah acara peringatan hari bumi 2011.

One thought on “Sejarah Hari Bumi

    kutukamus said:
    November 30, 2016 pukul 11:13 am

    Baru tahu saya, jadi belum genap 50 tahun.. Kalau peringatan Hari Bumi di Indonesia dipusatkan di tempat orang suka bakar-bakar hutan mungkin seru juga ya?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s