Mengenal Canon In D dan Johann Pachelbel

Posted on Updated on

Canon In D atau Canon In D’major adalah sebuah lagu klasik karya komposer terkenal Johann Pachelbel yang dibuat dan ditulis pada tahun 1680, walaupun sempat terlupakan selama beberapa abad, namun akhirnya ditemukan kembali pada awal abad 20, dan menjadi lagu yang sangat populer hingga saat ini, dan sering dibawakan pada acara pernikahan dan kompilasi musik klasik. [sumber]

Lagu ini saya kenal secara tidak sengaja, karena menemukanya di dalam folder di sebuah warnet ketika sekolah dulu, pertama kali yang saya lihat adalah versi canon rock dari Funtwo, dan pada saat itu saya langsung suka, karena dasar ketertarikan itu juga saya mencoba mencari versi lain dari lagu canon ini, dan ternyata banyak sekali versinya mulai dari gitar akustik sampe biola atau piano sekalipun, ada juga versi yang sangat saya suka yaitu dari Trace Bundy dengan gitar akustiknya dan memainkan lagu Canon dengan cara typing, setelah beberapa tahun ini koleksi lagu canon dari berbagai versi sudah saya miliki, dan itu selalu saya dengarkan hampir setiap hari.

Mengenal sosok Johann Pachelbel

Johann pachelbelMengetahui lagu dan simponinya saja tidaklah cukup tanpa mengenal sosok pencipta dari karya besar ini, dialah Johann Pachelbel, seorang komponis asal jerman yang lahir pada tahun 1653.  Pachelbel adalah kerabat dari keluarga Bach yang tak lain dan tak bukan adalah keluarga dari komponis ternama Johann Sebastian Bach. Pachelbel kecil belajar musik pertama kali pada instruktur anjuran ayahnya, yakni Heinrich Schewmmer. Pachelbel tidak hanya jagoan di musik rupanya gan, tapi dia juga pintar di tempat kuliahnya . Pachelbel menikah dua kali dan dikaruniai tiga putra. [sumber]

dan di bawah ini adalah beberapa versi canon in d yang saya dapat dari youtube.

Kalau mau belajar untuk memainkan lagu Canon in D dengan menggunakan gitar, silahkan download Chord gitarnya di bawah ini.

Canon in D major

Canon in D Major

2 thoughts on “Mengenal Canon In D dan Johann Pachelbel

    pramita_zemoya said:
    Desember 1, 2013 pukul 2:14 pm

    mazih bingung nih

      yogi responded:
      Desember 4, 2013 pukul 8:49 am

      apanya yang bingung..??

Tinggalkan Balasan

