Tips menjelang dan saat Kuliah Lapangan

Posted on Updated on

KL

“Kuliah lapangan Karangsambung teknik geologi UNSOED angkatan 2009 tahun 2012 dinyatakan ditutup”

kalau tidak salah ingat begitulah isi kalimat dosen saat menutup kegiatan Kuliah Lapangan Karangsambung hari minggu tanggal 30 september 2012 kemarin, Kuliah lapangan atau KL adalah kuliah yang paling penting di jenjang pendidikan geologi, karena saat KL lah mahasiswa diajarkan bagaimana untuk mengerti pekerjaan geologist di lapangan dan apa saja yang harus dilakukan, berikut adalah tips-tips untuk mahasiswa yang akan melaksanakan KL.

  1. Sebelum berangkat kenali dahulu cuaca saat pelaksanaan KL, ini berguna untuk kita menghitung berapa banyak pakaian dan sepatu yang harus dibawa, kalau saat musim kemarau pasti ketika mencuci sehari juga bisa kering dan tidak perlu membawa banyak pakaian, tapi sebaliknya saat musim hujan, baju yang dicuci hari ini belum tentu besok bisa kering, maka dari itu pastikan kita tau saat cuaca seperti apa saat kita KL. 
  2. Membawa perlengkapan cuci, walaupun biasanya dosen tidak menyuruh dan tidak ada di list barang bawaan, sebaiknya kita membawa perlengkapan cuci pakaian, seperti ember, bak, sikat dll, biasanya 1 kamar ada 1 orang yang membawa, dan biasakan mencuci setiap hari atau maksimal 2 hari sekali, untuk menghindari menumpuknya cucian, karena waktu mencuci biasanya tidak banyak, dan menghindari menumpuknya jemuran. 
  3. Bawa alat tulis banyak, saat pengerjaan laporan kita hanya diberi waktu kurang dari 24 jam, jadi saat mengerjakan pasti akan sangat ramai dan masalah alat tulis yang tertukar atau hilang sangat sering, pengalaman KL aku hanya mambawa penghapus 1 buah dan hilang, sehingga sampai selesai selalu meminjam penghapus teman. 
  4. Jangan sampai mengantri mandi, antrian mandi biasanya terjadi ketika mahasiswa memiliki jam mandi yang sama, dan untuk menghindari antrian mandi, cobalah punya waktu mandi yang berbeda, misalnya saat pagi hari bangunlah lebih awal dari yang lain, shalat, kemudian mandi, ketika sore hari pulang dari lapangan, langsunglah mandi, karena biasanya mahasiwa akan istirahat dahulu kemudian mandi, begitu juga jika ingin buang air besar. 
  5. Jangan malu makan banyak, ketika makan bersama (biasanya makan pagi dan makan malam), jangan sungkan untuk menambah porsi jika memang kurang, karena nasi dan lauk tidak akan kurang, karena kita butuh energi banyak untuk ke lapangan dan kegiatan sehari-hari. 
  6. Saat di lapangan jagalah sikap bukan cuma kepada masayarakat di dekat lapangan kita, tapi jika ada binatang biarkan mereka, jangan diganggu, tapi kita tetap harus berhati-hati, dan sikap kepada teman-teman, karena saat lelah di lapangan adalah saat yang paling rawan untuk emosi, sehingga pada teman pun kita bisa bersikap kasar. 
  7. Selalu menjaga, hal yang paling penting di lapangan dan yang akan selalu diingatkan oleh dosen adalah selalu menjaga antar teman, apalagi saat kegiatan pemetaan yang teman jalan di lapangan hanya sedikit. 
  8. Pastikan buku catatan lapangan selalu diisi, buku lapangan adalah benda yang penting untuk geologist, pastikan ketika kita di lapangan kita selalu mencatat singkapan atau batuan yang ditemukan di lapangan dan jangan lupa sketsanya. 
  9. Istirahat yang cukup, di Karangsambung kita diberi waktu untuk mengerjakan tugas sampai pukul 23:00, dan pastikan kita tidur setelah itu, paling tidak 23:30, karena esoknya kita sudah harus ke lapangan lagi, jangan sampai kebiasaan begadang kita bawa ke KL, dan jangan sampai hal itu justru menimbulkan masalah di lapangan. 
  10. Jaga kesehatan, tingkat lelah pada fisik dan pikiran yang tinggi saat KL akan sangat mudah menimbulkan penyakit, pastikan kita tau apa penyakit pada diri kita dan bawa obat yang dibutuhkan atau hanya sekedar vitamin C sebagai suplemen tubuh agar tidak terlalu lelah. 
  11. Hormati kepentingan dan kebiasaan teman sekamar, KL di karangsambung kita akan menempati sebuah asrama dengan penghuni setiap kamar maksimal 4 orang, dan pastilah kita dan teman sekamar kita mempunyai kepentingan dan kebiasaan pribadi masing-masing, jadi hormatilah itu. 

 Tapi tips yang paling penting adalah Sebelum berangkat buang jauh pikiran bahwa KL menyeramkan dan jangan bilang kalau belum siap KL,  karena KL itu sangat menyenangkan, dan akan menjadi saat yang tidak akan terlupakan selama kuliah.  :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s