Albert Streckeisen

Posted on

Inilah salah satu Profesor Geologi yang Klasifikasinya masih digunakan sampai sekarang untuk penentuan nama sayatan petrografi batuan beku.

Albert Streckeisen
Albert Streckeisen

Albert Streckeisen lahir pada 8 november 1901 di Basel, Swiss, ayahnya Dr. Adolf Streckeisen adalah seorang Prefesor dalam bidang kedokteran. Kemudian Streckeisen belajar Geologi, Mineralogi dan Petrologi di Basel Zurich dan Berne dibawah didikan pengajar terkenal seperti Professor Buxdorf, Reinhard dan Paul Niggli.

            Pada 1927, dibawah pengawasan Prof. Reinhard, dia mempresentasikan Doctoral Thesis (Disertasi)-nya dihadapan Geologist dan Petrologist dari kelompok The Fluela di Grison dari Swiss Timur. Pada tahun yang sama, pada usia 26 tahun, Streckeisen mendapatkan posisi menjadi Ordinary Professor pada Mineralogi dan Petrologi di The Polythecnic of Bucharest di Romania. Dia juga menjadi anggota Romanian Geological Service dan menjadi sangat aktif di program pemetaan di Carpathians. Sebagai tambahan Streckeisen tertarik pada Petrografi dan analisis struktur, dia menjadi tertarik pada petrografi  dari nephelin syenit masif yang unik dan menarik dari Ditro di Transylvania, pada beberapa  paper publikasinya dimana klasifikasi petrografi dan batuan beku dimulai.

            Pada 1930 Streckeisen kembali ke Swiss sebagai Profesor di Bucharest, dia sudah dipaksa untuk merubah kewarganegaraanya. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi guru sekolah dan mengajar Ilmu pengetahuan alam di Swiss High Schools sampai dia pensiun di Berne tahun 1939. Ini juga memungkinkan dia untuk menjadi Honorary Professorial Associate (Asosiai Professor Honorer) di Universitas Berne tahun 1942 dan mengambil bagian pada sains dan mengajar untuk Earth Sciences di Berne, dimana dia juga dinominasikan sebagai Extraordinary Professor.

            Albert Streckeisen memulai pekerjaan klasifikasi dan sistematik batuan beku pada usia di atas 60 tahun. IUGS meminta dia untuk membuat dan memimpin pada sistematik dari Magmatic Rocks, yang menjadi Sistematik dari IUGS untuk batuan beku.

            Albert Streckeisen meninggal di Berne pada usia 97 tahun pada oktober 1998, dimana dia membuat kontribusi yang sangat banyak sekali.

Maitre. Igneous Rock A Clasification and Glossary of Term,United Kingdom: Cambridg University Press, 2002.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s