Apa Itu Magma…???

Posted on

Lava
Lava adalah magma yang sudah keluar ke Permukaan. sumber gambar

Dalam ilmu geologi terutama volkanologi atau ilmu gunung api kita sering sekali mendengar istilah Magma, apa sebenarnya magma..?? dimana magma itu terbentuk?? dan apakah magma bermacam-macam jenisnya..?? berikut ulasan saya yang mungkin sedikit membantu.

Magma dikenal dengan deskripsi yang disederhanakan sebagai: bahan cari alami silikat temperatur tinggi dan mempunyai mobilitas yang berada di dalam bumi (kerak dan mantel). Apabila magma ini keluar ke permikaan bumi oleh berbagai sebab, disebut lava.

Magma adalah bahan baku pertama yang secara langsung diyakini sebagai mareri yang menghasilkan batuan beku, yang kemudian sejalan dengan perkembanganya dapat menghasilkan batuan turunanya (sedimen dan metamorf).

Komposisi fisik dari magma dapat terdiri dari 3 fase, yaitu fase padat, fase cair dan fase gas. Adanya fase gas yang mempunyai tekanan tinggi inilah yang menyebabkan magma mempunyai sifat mobile. Mobiitas magma juga dipengaruhi oleh viskositas, dimana magma viskositas dikontrol oleh rasio dari ketiga fase di atas.

Pada suhu tinggi ketiga fase tersebut melebur menjadi satu atau bersifat homogen, tapi bila suhu menurun ketiga fase tersebut terpisah secara fisik, hal ini dapat tejadi pula apabila ada kebocoran sistem. Apabila suhu menurun akan terjadi perubahan fase, karena terjadi pembentukan kristal (penurunan suhu perlahan) dan akan membentu zat amorf (perubahan suhu mendadak dan cepat). Dengan demikian akan terbentuk batua (beku) yang terdiri dari mineral (berstruktur kristal) dan mineraloid (amorf) yang lebih dikenal sebagai gelas volkanik akibat pembekuan lava yang mana tadinya cair kemudian menjadi padatan.

Magma terbentuk di bawah permukaan bumi, magma terbentuk di bagian kerak dan mantel atas, lalu bergerak ke arah tekanan yang lebih kecil ( ke arah permukaan). Kelahiran magma mengikuti hukum daur petrologi, yaitu apabia semua batuan yang mengalami kenaikan suhu maka akan mengalami peleburan (melting).

Magma yang pertama terbentuk disebut  magma primer, di dalam ilmu petrogenesis meskipun dikenal adanya magma primer tidak dikenal adanya magma sekunder ataupun tersier tetapi lebih dikenal adalah magma induk dan magma primitif.

Magma primer adalah magma yang terbentuk pertama kali dari batuan melalui mekanisme peleburan (sebagian atau seluruhnya). Magma primer sampai sekarang tidak atau belum diketahui komposisi yang sebenarnya karena tidak pernah tersingkap ke atas permukaan bumi sehingga tidak dapat diperoleh contohnya.

Magma induk adalah magma yang menghasilkan berbagai batuan beku pada suatu wilayah geologi tertentu. Berbagai batuan beku pada suatu wilayah geologi, berbeda dengan magma primer, magma induk lebih mudah diketahui komposisinya karena dia dapat dijumpai singkapanya, magma primer dapat menurunkan satu jenis atau lebih magma induk jadi magma induk berasal dari magma primer dan tidak dapat sebaliknya.

Magma primitif adalah istilah yang dipakai untuk studi petrogenesis apda suatu kawasan geologi apabila istilah magma induk dan magma primer lebih mengacu pada perbedaan genetis, istilah magma primitif ebih mengacu pada pengertian deskriptif. Pada suatu kawasan yang mengandung banyak batuan beku baik ekstrusif maupun intrusif yang ko-magmatis, batuan beku yang mengandung unsur MgO tertinggi dapat dianggap mewakili magma primitif dari himpunan batuan beku tersebut, jadi artinya magma primitif adalah magma yang mengandung MgO tertinggi dibandingkan magma lain yang seinduk dan istilah primitif disini tidak ada hubunganya dengan umur. Untuk mengatakan magma primitif harus didasarkan pada analisis kimia-nya jadi harus ada contoh batuanya yang mewakili magma asalnya.

Dalam sejarahnya pembentukan magma selalu melalui 2 tahap yang amat penting yaitu tahap peleburan (proses kelahiran magma) dan tahap kristalisasi (dalam proses pembekuan).

sumber: Diktat Kuliah Pengantar Petrogenesis Institut Teknologi Bandung

sumber video: Youtube

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s