Geologist Menemukan Bagaimana Gunung Tertinggi di Australia Terbentuk

Posted on Updated on

53767-004-2B67CCDD
Eastern Australian Highlands (Source)

Geologists from the University of Sydney and the California Institute of Technology have solved the mystery of how Australia’s highest mountain — Mount Kosciuszko — and surrounding Alps came to exist.

Eastern Australia Highlands  adalah nama yang diberikan untuk barisan pegunungan yang berada di timur Australia sampai Tasmania, barisan pegunungan ini memiliki panjang 3.860 km, terbentang dari timur laut Queensland ke barat Victoria

Geologists discover how Australia's highest mountain was created.jpeg
Topografi Eastern Australia Highlands (sumber)

Kebanyakan dari jalur pegunungan dunia adalah hasil dari tumbukan dari dua lempeng benua (contoh: Himalaya) atau terbentuk dari aktivitas volkanisme dan subduksi. Eastern Australia Highlands, adalah sebuah pengecualian. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Professor Dietmar Müller dari University’s School of Geosciences menggunakan metode  high performance computing code untuk menginvestigasi penyebab dari pengangkatan yang menciptakan rangkaian pegunungan tersebut. Tim tersebut menemukan sebuah jawaban pada lokasi yang biasanya memiliki medan gravitasi kuat.

“Medan gravitasi tersebut mengarahkan kita untuk mencurigai kemungkinan wilayah yang terdorong naik dari bawah, jadi kami memulai mencari pada sebuah lapisan dari batuan antara inti bumi dan mantelnya”, dikatakan oleh Professor Müller.

Tim tersebut menemukan mantel di bawah pantai Timur Australia sudah terangkat dua kali. Pertama mucul selama periode Early Cretaceous, ketika australia menjadi bagian dari Gondwanaland. Selama proses waktu geologi, lapisan mantel tersebut sudah mengalami proses subduksi ketika muncul selama periode Early Cretaceous.

”Bagian timur Australia mengapung di atas subduksi lempeng yang sudah mati tersebut, tapi sekitar 100 juta tahun yang lalu, subduksi datang untuk berhenti tiba-tiba, menghasilkan seluruh wilayah menjadi terangkat, membentuk Eastern Highlands”.  Dikatakan oleh co-author Dr. Kara Matthews,

“kemudian sekitar 50 juta tahun yang lalu pemisahan Australia dari antartika semakin cepat dan ini mulai bergerak utara-timur laut, secara berangsur-angsur mendekat menuju South Pacific Superswell

Dikatakan oleh Dr. Nicolas Flament. “aktivitas ini memberikan dorongan kedua untuk Eastern Highlands tersebut seperti mereka bergerak secara berangsur di tepian atas dari Superwell.

Professor Müller mengatakan dua fase pengangkatan dihasilkan dari super komputer yang didukung oleh bentukan geologi dari sungai pada Snow Mountains dimana torehan sungai muncul pada dua fase berbeda

Pada model tersebut mami menjelaskan kenapa  Australian Alps icon hadir dan juga mekanisme baru untuk menggambarkan bagaimana wilayah pegunungan lainya dimanapun di dunia terbentuk.

Australian Landform (source)

This article translated from original post Geologists discover how Australia’s highest mountain was created

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s