STEP BY STEP MENCARI PROFESSOR SENDIRI UNTUK KULIAH S2 DI JEPANG

Posted on Updated on

photo4

Sumber Gambar

Sebenarnya tulisan ini adalah sebuah balas budi karena saya sewaktu mencari professor tahun lalu banyak dibantu oleh blog-blog yang menulis beberapa tips yang sama, jadi sekarang saya juga ingin berbagi kepada orang lain, siapa tahu ada yang berminat menlanjutkan kuliah di jepang seperti saya. hehe

Kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang, termasuk saya, cita-cita saya untuk kuliah di luar negeri sebenarnya muncul 4-5 tahun yang lalu (2011-2012), ketika masih kuliah s1. Tapi impian itu saya kubur karena saya kurang informasi tentang bagaimana caranya bisa kuliah ke luar negeri, tapi harapan muncul akhir 2013. Saya mulai menyusun mimpi saya lagi untuk kuliah ke Negara impian saya, Jepang, dan dari semua informasi yang saya dapat, untuk kuliah ke Jepang, saya harus mendapat professor terlebih dahulu dan memiliki topik riset s2.

Sebenarnya ada beberapa cara mendapatkan professor yang diinginkan.

Pertama melalui rekomendasi dosen atau senior, biasanya ini akan mudah kalau kamu adalah mahasiswa yang kampusnya sudah mempunyai kerjasama internasional dengan kampus di jepang.

Tetapi kalau kamu adalah sarjana dari kampus yang tidak mempunyai kerjasama dengan kampus di luar negeri, kamu butuh waktu dan usaha lebih besar untuk mendapatkan professor sendiri, dan ini yang akan saya bahas.

Saya mulai mencari professor September 2015 dan mulai menghubungi beliau awal oktober 2015, untuk kuliah oktober 2016, jadi prosesnya tidak satu-dua bulan tapi saya butuh satu tahun untuk akhirnya bisa berangkat ke jepang.

Jadi berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin mencari professor di jepang.

Tentukan dahulu riset nya.

Seperti yang saya bilang di atas, kalau ingin s2 ke jepang, kamu harus sudah matang dengan riset terlebih dahulu, Tidak perlu rumit, cukup tentukan subjek risetnya, metodenya, tujuan, dan hasil riset yang diinginkan.

Kemudian cari unversitasnya

Setelah ide riset s2 matang  mulailah cari universitas, karena akan mencari professor sendiri cobalah buka beberapa website universitas dan lihat beberapa profil professor, tentukan salah satu dulu untuk dihubungi dan simpan beberapa untuk jaga-jaga kalau yang pertama tidak membalas.

Biasanya untuk menemukan nama-nama professor di website universitas bisa buka pada bagian academic staff.

untuk Kyushu University bisa membuka link ini untuk mencari nama professor.

Mulai menyusun email

Buatlah email se-sopan mungkin, tidak terlalu panjang, yang penting isinya jelas, perkenalkan diri kamu, berasal dari universitas mana, kesibukan nya apa (bekerja/baru lulus), riset S2 apa, dan dengan sopan juga meminta beliau untuk menjadi pembimbing S2 kamu.

Dan berikut adalah contoh email saya yang pertama ke professor.

Dear prof…… (isi nama lengkap)

Firstly I want to introduce myself, my name is Yogi Adi Prasetya, I am from Indonesia, i have finished my bachelor degree from “……” on September, 16, 2014, the topic research of my bachelor degree is about petrogenesis (with petrography and rock geochemistry analysis) of volcanic rock on Slamet Volcano, Central Java, Indonesia.

Right now i am working as assistant of Petrology laboratory in “…..” with “…….” , he recommended me to continue study aboard. I’m interested in to pursue Graduated Program in Kyushu University and looking for possibilities for conducting research in your department.

I know you from Kyushu University website, I am very interested in study about volcanology, volcanic petrology and Igneous processes, my research plan for my graduate thesis is continue my bachelor degree research about Petrography and geochemical analysis of volcanic rock on Slamet Volcano, i want to furthermore analyses for understanding magma processes such as magma mixing, asimilation and differentiation magma.

I will be glad if you can be my supervisor and send me information concerning
application and entry procedures and any relevant information
, with this email i also send my curriculum vitae in attachment.

Thank you for your attention.

Setelah ada professor yang merespon, perjuangan kamu yang sebenarnya baru dimulai

Saya sangat senang ketika professor yang pertama kali saya hubungi ternyata merespon dalam waktu satu hari, karena biasanya ketika mencari professor tanpa perantara seperti dosen/senior email yang dikirim butuh waktu lama untuk mendapat respon atau bahkan tidak dibalas sama sekali.

Tetapi rasa senang itu hanya sesaat, karena professor saya langsung meminta research plan dan mulai menanyakan detail riset saya seperti apa.

Di sinilah kenapa saya bilang harus punya ide riset yang matang, karena setelah ada respon dari professor kamu harus bisa menjawab pertanyaan tentang riset kamu.

Ada kalanya email tidak dibalas

Karena setiap orang punya kesibukannya masing-masing, begitu juga professor saya di jepang, jarak yang jauh membuat saya tidak tahu apa kesibukan beliau. Setelah beberapa bulan berdiskusi tentang riset ternyata ada 2 momen dimana email saya selama satu bulan tidak dibalas.

Pertama adalah ketika email saya tidak dibalas selama satu bulan (atau lebih saya juga lupa), dan ternyata setelah dibalas memang professor saya memang mengatakan beliau sedang sibuk.

Momen kedua ketika email saya tidak dibalas justru karena kesalahan teknis, jadi email saya tidak sampai ke email beliau, dan itu saya tahu setelah saya Tanyakan 3 minggu kemudian.

Untuk kasus ini mungkin saran saya adalah tetap tenang dan berfikir positif kalau beliau sedang sibuk, tapi kalau memang sudah terlalu lama bisa ditanyakan dengan sopan karena siapa tahu emailnya tidak masuk.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan, kalau sudah bisa dekat dengan professor, kamu akan mudah melewati admission prosess, dan mudah juga diterima di universitas, asal semua dokumen pendaftaran kamu lengkap.

Tinggalkan Balasan

